Arsip Artikel

Punya Anak Bikin Bodoh dan Pikun ?

Beberapa ibu muda mengeluh otak mereka jadi tumpul setelah punya anak. Benarkah demikian?

Untunglah hal tersebut tidak benar sebab penelitian sederhana yang diadakan beberapa peneliti dari Universitas Yale menunjukkan hasil sebaliknya. Punya anak justru membuat otak tambah cemerlang, demikian ungkap hasil studi yang diulas Daily Mail.

Penyebabnya adalah karena sel dalam korteks otak besar wanita didapati makin bertambah hingga beberapa bulan, setelah proses persalinan. Otak rupanya 'tahu' bahwa setiap ibu butuh kecerdasan ekstra agar bisa mendidik buah hatinya dengan baik.

Lalu, bagaimana dengan penyakit 'pikun' yang biasanya menyerang para ibu muda? Simpel saja, hal ini dikarenakan oleh faktor kurang tidur.

Dalam penelitian tersebut, para ahli saraf melakukan scan otak terhadap 19 ibu baru melahirkan. Hasilnya menunjukkan adanya pertambahan jumlah sel otak dalam bagian korteks yang merupakan pusat informasi. Peningkatan tersebut berlangsung hingga 3-4 bulan pasca melahirkan.

Bagian yang didapati berkembang itu melibatkan unsur motivasi, kemampuan beralasan, menilai, memproses emosi dan perasaan puas, serta berbagai hal lain yang berkaitan dengan hubungan ibu-anak. Perkembangan di area motivasi misalnya, dapat mendorong ibu untuk lebih rela menyusui.

Siobhan Freegard, pendiri website Netmums mengungkapkan, "Alam memiliki cara ajaibnya sendiri untuk menyediakan apa yang kita butuhkan. Memiliki anak merupakan tantangan yang besar, sehingga tak heran bila otak jadi terdorong untuk mendukung sang ibu dalam menghadapi tantangan tersebut." 

sumber : http://bayidanibu.blogspot.com/2011/01/benarkah-punya-anak-bikin-bodoh-dan.html