Arsip Artikel

Asal Usul Olahraga Perahu Naga

Apa, bagaimana dan kapan sebenarnya muncul olahraga Perahu Naga (Dragon Boat)?

Perahu Naga

Lomba perahu naga sejak ribuan tahun lalu merupakan perayaan sebagai simbol kekuatan semangat dalam kebudayaan bangsa China (Tionghoa).

Perayaan besar bangsa Tionghoa itu diadakan setiap tahun tetapi saat ini perlombaan itu dapat disaksikan di seluruh penjuru dunia.

Ikut serta dalam perayaan perahu naga, baik sebagai pedayung ataupun penonton, merupakan hal menyenangkan dan dapat dinikmati setiap orang.

Anda dapat menyaksikan perahu dengan beraneka warna, dihiasi kepala naga, ekor naga dan lukisan sepanjang badan perahu. Penonton berteriak dan memberi semangat bagi perahu pilihan mereka, sementara itu pemukul genderang mengayunkan lengan memukul bertalu-talu berteriak untuk memberikan semangat dan menyelaraskan irama dayung bagi setiap peserta dalam perahunya.

Tentang asal usul perahu naga yang membuahkan medali emas bagi Indonesia itu, banyak orang yang kurang mengetahuinya dan kalau kita tanyakan kepada atlet pun, selalu jawabannya asal-asalan atau ada yang mengatakan “pada zaman dahulu kala”.

Berdasar catatan sejarah, perayaan perahu naga bermula sekitar 2.000 tahun lalu ketika para penganut kepercayaan mempercayai bahwa pertandingan perahu dapat membawa kemakmuran dan kesuburan tanaman.

Akhirnya olahraga tersebut ditandingkan di Asian Games XVI dan Indonesia sebagai negara maritim berhasil menyabet tiga medali emas.

sumber : http://pitu8.blogspot.com/2010/11/asal-usul-olahraga-perahu-naga-dragon.html