Arsip Artikel

Satuan Kilogram Bakal Dihapus ?

http://7wolu.blogspot.com
Prototype yang digunakan sebagai rujukan satuan kilogram

Selama ini, kilogram menjadi satuan berat yang digunakan di banyak negara. Namun, satuan metrik yang telah digunakan selama seratus tahun itu kini terancam dihapus dari Satuan Ukuran Internasional.

Dari tujuh unit metric dasar (meter, kilogram, detik, ampere, Kelvin, mole, candela), tujuh diantaranya didefinisikan agar tidak mengalami perubahan di kemudian hari dan bisa digunakan secara universal. Satu yang tidak didefinisikan adalah kilogram. Demikian dilansir Computeractive.

Sampai saat ini, kilogram masih merujuk pada berat prototype kilogram internasional, yakni sebuah silinder platinum yang dibuat pada 1879 dan disimpan dalam lemari besi di luar kota Paris.

Berat prototype itu diperiksa kembali pada 1899 dan tidak terlihat perubahan signifikan. Beberapa tiruannya dibuat untuk negara-negara lain, dan dibandingkan dengan aslinya setiap 50 tahun sekali.

Para ilmuwan kini mengatakan, sudah saatnya menentukan satuan kilogram dengan layak, tanpa merujuk pada suatu obyek. Menurut Royal Society, massa prototype yang selama ini dijadikan patokan kilogram bisa jadi sudah berubah hingga 50 mikrogram dalam 100 tahun terakhir.

Sekilas mungkin tidak terlihat terlalu signifikan, tapi jika anda ingin memperoleh referensi berat, tentu anda mengharapkan nilai yang akurat.

Saat ini, Royal Society tengah mengadakan konferensi untuk membahas permasalahan itu. Dr Michael Stock dari BPIM, yang menyimpan prototype kilogram, akan mendiskusikan sejumlah eksperimen yang telah dilakukan untuk menghubungkan konsistensi massa dengan silinder tersebut.

sumber : http://faktabukanopini.blogspot.com/2011/03/hah-satuan-kilogram-dihapus.html

download wallpaper gratis sexy hot

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...