Arsip Artikel

Selera Makan Diturunkan Bumil ke Bayinya

Tahukah Anda bawa pola makan ibu hamil juga akan menurun pada calon anaknya kelak? Mengonsumsi makanan tak sehat selama hamil bukan hanya merugikan ibu tapi juga bayinya. Itu sebabnya calon ibu wajib memperhatikan pola makannya.

Di dalam kandungan, janin akan ikut mencicipi semua makanan yang dikonsumsi ibu. Otak janin juga akan merekam rasa dan aroma makanan atau minuman yang diterima. Itu sebabnya, selama hamil sebaiknya batasi makanan yang kurang sehat dan memperbanyak asupan yang memiliki gizi seimbang.

"Bila ibu hamil suka minum alkohol, kelak bayinya juga akan tertarik pada alkohol, Demikian juga dengan junk food yang dikonsumsi. Hal ini karena janin mengira apa pun yang berasal dari ibunya pasti aman. Maka jika ibu hamil punya pola makan yang sehat, kelak si anak akan memilih makanan yang sehat pula," terang Dr.Josephine Todrank, peneliti dari University of Colorado, AS.

Todrank memang baru melakukan riset pada tikus di laboratorium. Namun terlihat bahwa bukan hanya selera makan yang diturunkan dari calon ibu ke janinnya, bagian otak janin juga mengalami perubahan, terutama bagian otak yang berfungsi memproses rasa dan aroma. Hal ini terjadi karena bau di cairan ketuban berpengaruh pada perkembangan sistem otak.

sumber : http://health.kompas.com/index.php/read/2010/12/04/1223146/Selera.Makan.Diturunkan.Bumil.ke.Bayinya-12