Arsip Artikel

Edgar Davids Warnai LPI

Liga Primer Indonesia atau LPI yang akan bergulir pada 8 Januari mendatang dipastikan bakal berlangsung menarik. Beberapa pemain terkenal yang pernah membela klub-klub raksasa Eropa seperti Edgar Davids, Nicky Butt, Robbie Fowler, Diego Tristan, dan Rigobert Song, bakal berpartisipasi di kompetisi yang digagas oleh Arifin Panigoro itu.

Wacana tersebut bukan isapan jempol. Pasalnya, konsorsium LPI mengaku sedang mendekati para mantan bintang dunia tersebut agar bersedia merumput di Tanah Air.

“Ya, benar. Konsorsium memang akan mendatangkan para pemain itu. Mereka sedang didekati agar mau main di Indonesia,” ujar Meiriyon Moeis, CEO Batavia Union FC, klub peserta LPI.

Yon mengungkapkan, pemain tersebut dikontrak oleh konsorsium kemudian mereka akan ditempatkan di beberapa klub peserta kompetisi. Meski begitu, Yon mengaku belum bisa membeberkan nilai kontrak dan klub mana saja yang akan dibela oleh pemain tersebut.

“Mungkin mereka akan ditempatkan di klub-klub yang ada di kota-kota besar, tetapi ini baru kemungkinan. Kami masih membahasnya,” kata Yon.

Lebih lanjut Yon mengatakan, pada awalnya konsorsium LPI akan mendatangkan 18 pemain agar setiap peserta LPI, yang berjumlah 18 klub, mendapat jatah satu mantan pemain dunia. Sayangnya, konsorsium akan mendatangkan sekitar enam orang saja.

Butt, disebut-sebut, sudah hampir dipastikan bergabung. Adapun Fowler masih harus berunding dengan istrinya. Mantan pemain Liverpool itu kini berdomisili di Australia dan masih terikat kontrak dengan Perth Glory, tetapi dia dikatakan sudah bersedia pindah ke Indonesia.

Beberapa klub peserta LPI saat ini sedang menjalani laga pramusim. Sebanyak 13 klub berpartisipasi pada laga pramusim yang digelar di tiga kota itu, mulai Senin (29/11) kemarin.

Klub-klub itu dibagi ke dalam tiga grup. Grup A terdiri dari Batavia Union FC, Bogor Raya FC, Jakarta 1928, dan Manado United. Mereka berlaga di Stadion Persikabo, Bogor. Grup B berlaga di Stadion Manahan, Solo, dan diikuti oleh Solo FC, Bandung FC, Medan Chiefs, Persema, dan Tangerang United. Sedangkan Bali FC, Semarang United, Persebaya, dan Real Mataram menghuni Grup C dan berlaga di Stadion Jatidiri, Semarang.

sumber : http://www.surya.co.id/2010/11/30/bintang-dunia-bergabung-di-lpi.html