Arsip Artikel

Foto - Foto Fenomena Supermoon 2011 di Indonesia

Foto Fenomena “Supermoon” di Indonesia. Fenomena alam Supermoon 2011 ini memang menarik perhatian, kami mendapat beberapa foto supermoon dari beberapa daerah di indonesia, namun untuk daerah Bandung mungkin akan agak sulit melihat fenomena bulan besar ini, dikarenakan hujan yang mengguyur bandung malam tadi.

Seperti yang kita ketahui, beberapa waktu lalu sempat hangat diperbincangkan tentang fenomena supermoon menjadi faktor pemicu terjadinya gempa dan tsunami di Jepang, namun entah benar atau tidak hal yang banyak diperbincangkan tersebut.
Dalam artikel foto fenomena supermoon 2011 ini ada beberapa foto yang berhasil kami dapat di beberapa daerah indonesia, Bandung, Jakarta, Aceh dan beberapa daerah lagi. Untuk itu langsung saja melihat foto supermoon dibawah ini.

Foto Supermoon di Daerah Aceh, 19 Maret 2011

foto supermoon aceh http://7wolu.blogspot.com/
supermoon di aceh
Terlihat pada foto fenomena supermoon diatas, bulan sangat terlihat bulat utuh dan besar. Foto supermoon ini diambil dari daerah Aceh, yang mana pada saat fenomena alam yang membuat heboh ini akan terjadi sempat terjadi kepanikan di Aceh. Warga daerah Pidie, Lhokseumawe, dan Langa di Bireuen panik ketika melihat air laut yang pasang dan merendam pemukiman warga disana.
Kepanikan disebabkan oleh pemberitaan jika fenomena supermoon terjadi maka akan timbul bencana besar, karena hal tersebut air laut yang pasang dan menggenangi pemukiman warga di Aceh pada saat fenomena supermoon sempat dikira adalah Tsunami.
Untuk mengantisipasi kepanikan warga di Aceh pihak Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Blang Bintang, Banda Aceh, Alfian, mengeluarkan pernyataan. Fenomena Supermoon yang terjadi tahun 2011 ini tidak menyebabkan bencana alam, warga tidak usah panik.
Kami bahkan tidak mengeluarkan peringatan karena ini peristiwa biasa,” kata Alfian

Foto Fenomena Supermoon di Jakarta 19 Maret 2011

foto supermoon jakarta http://7wolu.blogspot.com/
supermoon di jakarta
Foto supermoon juga kami peroleh didaerah Jakarta, pada pukul 22.00 wib, awan yang menutupi langit jakarta perlahan mulai menghilang. Cukup terlihat jelas sekali penampakan supermoon di langit Jakarta. Menanggapi foto supermoon atau fenomena alam supermoon bulan besar, mahasiswa yang aktif dibidang astronomi disalah satu perguruan tinggi Jakarta bernama Jhoni Irawan mengatkan ia tak ingin tertinggal untuk melihat dan mengabadikan fenomena supermoon di langit jakarta.
Ia mengatakan, “Sudah kelihatan sekarang, terlihat berwarna putih bersih,” ungkapnya pada sabtu malam 19 Maret 2011.
Ia pun berusaha untuk mengabadikan fenomena supermoon tersebut, langka untuk mendapatkan kejadian alam indah ini. “Pasti lah diabadikan,” ungkapnya dengan senang.

Foto Fenomena Supermoon di Bandung 19 Maret 2011

supermoon di bandung
supermoon di bandung
Untuk daerah bandung yang sempat diguyur hujan, kesempatan melihat fenomena supermoon ternyata masih bisa kita lihat langsung dengan mata telanjang. Bulan terlihat cukup besar, nampak seperti purnama.
Foto supermoon di langit bandung diatas kami mengambilnya menggunakan kamera Handphone sehingga tidak terlihat sangat besar seperti foto supermoon di beberapa daerah diatas. Dan yang pasti kualitas gambar tidak sebagus foto fenomen supermoon yang ada didaerah Jakarta dan Aceh diatas.

Fenomena Supermoon dan Bencana Alam

Fenomena alam supermoon maret 2011 ini merupakan jarak terdekat bulan dan bumi dalam kurun waktu 18 tahun. Jika dihitung kira-kira jarak antara bulan dan bumi saat kejadian supermoon atau bulan besar ini sekitar 221.567 mil atau 356.578 kilometer.
Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, fenomena supermoon sempat menjadi bahan pembicaraan yang cukup hangat, banyak pendapat yang menyatakan bahwa supermoon 19 Maret 2011 ini dapat membawa bencana alam besar. Pendapat tersebut diambil dari beberapa kejadian bencana alam gempa dan tsunami di dunia, salah satunya waktu gempa dan tsunami di Aceh tahun 2004.
Selain kejadian bencana besar di Aceh, fenomena supermoon diklaim sebagai pemicu gempa dan tsunami di jepang pada hari Jumat 11 Maret 2011 tepat terjadi delapan hari sebelum supermoon 2011. Namun pernyataan-pernyataan seperti itu langsung dibantah oleh pihak Badan Antariksa Amerika Serikat, NASA.
NASA melalui Ilmuwan Goddard Space Flight Center NASA, Jim Garvin, menjelaskan tentang fenomena alam supermoon yang terjadi di bulan maret 2011 ini. Menurut beliau, supermoon ini berbarengan dengan aktifitas bulan purnama, seperti ungkap beliau,”Bulan akan terlihat lebih besar, meski perbedaan jarak dari Bumi hanya beberapa persen di banding biasanya,”
Beliau juga menambahkan permasalahan supermoon, “Efek supermoon terhadap Bumi kecil. Dan menurut studi detil para seismolog dan vulkanolog, kombinasi antara supermoon dan bulan purnama tidak mempengaruhi energi internal keseimbangan di bumi.” Secara tidak langsung beliau menyatakan bahwa walau bulan mempunyai pengaruh terhadap kondisi pasang surut Bumi, itu tidak mampu memicu gempa besar dan mematikan ataupu bencana alam besar lainnya.
Beliau juga menegaskan bahwa kekuatan itu ada pada Bumi, “Bumi menyimpan energi di balik lapisan luar atau keraknya. Perbedaan daya pasang surut yang diakibatkan bulan (juga matahari) tidak cukup mendasari munculnya kekuatan besar dari dalam bumi.” Tutup beliau.
Lantas bagaimana dengan kejadian gunung meletus di Indonesia yaitu gunung Karangentang yang terletak di Kepulauan Sangir Talaud, Sulawesi Utara. Gunung tersebut meletus sehari sebelum puncak dari fenomena supermoon 2011.
Sebenarnya pendapat bertentangan tentang fenomena supermoon yang terjadi pada bulan maret 2011 ini boleh saja, namun yang menentukan apakah supermoon ada hubungannya atau sebagai faktor penyebab bencana alam hanyalah Sang Pencipta Alam Semesta ini. Ilmu manusia cukup terbatas.

Supermoon dan Bulan Purnama

Jika dikaitkan mungkin sama saja antara bulan purnama dan supermoon, artinya sama dari kedua istilah pada bulan tersebut dimana kondisi bulan saat itu terlihat bulat penuh dan besar. Namun untuk supermoon 2011 ini agak berbeda dari yang pernah terjadi sebelumnya. Kondisi pada saat perige, bulan berjarak cukup dekat sekali dengan Bumi sekitar 356.574,303 kilometer mendekat sekitar 9 kilometer, kondisi perige pada sabtu malam ini akan terlihat pada pukul 3.00 WIB.
Astronom dari United States Naval Observatory, Geoff Chster, menjelaskan tentang purnama super yang terjadi sabtu malam ini. Beliau mengatakan bulan purnama kali ini masih memenangkan kontes kedekatan dalam fase purnama. Anda bingung? Berikut penjelasannya.
Menurut beliau, pada 12 Desember 2008 saat terjadinya fenomena supermoon, saat itu bulan telah mencapai purnama pada pukul 16:37 UT, sementara perige (titik terdekat bulan ke bumi dalam lintasan orbit) terjadi pada pukul 21:39. Masih berjarak lima jam dari titik terdekat bumi. Jadi ketika mencapai purnama, jarak bulan ke bumi sepanjang 356.609,709 kilometer.
Sedangkan untuk purnama pada maret 2011 ini beliau menjelaskan, terjadi pada pukul 18:10 UT, sementara bulan mencapai perige pada 19:09 UT. Perbedaan kurang dari satu jam. Sehingga malam ini, ketika purnama, jarak bulan ke bumi adalah 356.575, 913 kilometer.
Untuk wilayah bumi Amerika Utara tak mungkin melihat fenomena supermoon 2011, karena pada saat terjadi purnama tepat sekali dengan siang hari, ketika bulan berada di bawah cakrawala. Begitu pula dengan daerah Timur, Siapapun yang mendongakkan kepala ke langit malam ini, mungkin akan melihat bulan terlihat penuh, namun ketika keping bulan benar-benar 100 persen teriluminasi telah lewat berjam-jam lalu.
Meski sulit dilihat dan dibedakan oleh sebagian besar mata, purnama yang akan disaksikan mulai mengalami pengurangan iluminasi. Tingkat kecerlangan purnama yang bisa dilihat sekitar 99,8 persen saja.
Mungkin itulah sedikit penjelasan tentang fenomena supermoon pada tahun 2011 ini dan beberapa foto supermoon di beberapa daerah Indonesia. Semoga saja bisa menjawab beberapa pertanyaan dari anda yang penasaran dengan supermoon di tahun 2011 ini, dan berguna bagi anda yang belum melihat foto supermoon di Indonesia maret 2011.

sumber : http://lubang-kecil.blogspot.com/2011/03/foto-fenomena-supermoon-di-indonesia.html

download wallpaper gratis sexy hot

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...