Arsip Artikel

Tips Mengatasi Kapalan pada Kaki

Kulit yang menebal di daerah kaki, atau biasa disebut kapalan memang bukan masalah kesehatan yang serius. Tapi kapalan membuat penampilan kurang sedap dipandang.

Kapalan adalah kulit yang menebal dan mengeras karena mengalami gesekan yang berlebihan. Meskipun tidak berbahaya, jika sudah cukup parah kapalan bisa menimbulkan rasa sakit dan infeksi.

Penyebab kapalan yang paling umum adalah karena memakai high heels terlalu sering, memakai sepatu yang kesempitan atau melakukan aktivitas yang memberi tekanan berlebih pada kaki.

Memilih sepatu yang nyaman dan mengenakan kaos kaki berbahan lembut bisa jadi cara termudah untuk mencegah kapalan. Bantalan sepatu juga bisa jadi solusi untuk menghindari kapalan.

Selain bisa dicegah, kapalan juga bisa diobati, meskipun tidak bisa dihilangkan seratus persen. Berikut ini beberapa tips untuk mengurangi kapalan, seperti dikutip dari Become Gorgeous.

1. Rendam kaki Anda dalam air hangat selama lebih kurang 20 menit. Anda bisa menambahkan garam laut, baking soda, teh chamomile atau cuka apel untuk mengurangi bengkak dan agar bisa lebih mudah menghilangkan kapalan.

2. Gosokkan batu apung pada area kaki yang bermasalah, untuk menghilangkan kulit yang mengeras atau bisa gunakan scrub halus.

3. Oleskan krim pelembap setiap hari, khususnya setiap malam sebelum tidur untuk menghaluskan kaki. Pilih krim yang mengandung salicylic acid yang membantu proses penyembuhan lebih cepat.

4. Banyak orang yang mencoba menghilangkan kapalan menggunakan benda tajam, tapi cara tersebut tidak dianjurkan karena bisa menyebabkan luka dan infeksi. Bahkan risikonya bisa lebih tinggi bagi mereka yang menderita diabetes atau masalah pada pembuluh darah. Jika kapalan mulai terasa sakit dan memerah, bahkan berdarah, segera pergi ke dokter kulit untuk mengatasinya.
sumber : wolipop.com

download wallpaper gratis sexy hot

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...