Arsip Artikel

Tips Mencegah Ledakan Gas LPG


Sebelum memberitahukan tips mencegah ledakan gas LPG, perlu mengetahui karakter dari gas LPG.

Bahwa gas LPG mempunyai berat jenis lebih berat dari udara, jadi kalau terdapat kebocoran gas LPG, gas LPG akan menyebar di bawah..

Pada saat kita berdiri mencium bau gas LPG, berarti di bawah sudah menyebar gas LPG. Dan yang sering terjadi adalah ledakan gas LPG, bukan tabung gas. Hal ini perlu diingat.

Berikut tips mencegah ledakan gas LPG :

1. Periksa tabung pada saat membeli. Jangan segan meminta ditukar jika diketahui tabung cacat.
2. Periksa karet pengaman, jika tidak ada karet pengaman. Segera minta ke tempat membeli gas LPG.
3. Pada saat memasang regulator, jika klep pengaman tidak bisa dikunci/diputar. Jangan dipaksa, karena klep bisa patah. Hal ini bisa terjadi karena karet pengaman sudah tidak elastis atau ada seseorang yang mengganti/mengganjal. Segera tukar karet pengaman ke tempat membeli gas LPG.
4. Pada saat memasang, jika tercium bau gas LPG di sekitar regulator, segera lepas regulator dan ganti karet pengaman atau ganti tabung gas LPG. Jangan lakukan usaha untuk menahan, misal menambahkan karet atau menahan dengan beban.
5. Jika tercium bau gas LPG, jangan menyalakan api. Segera bawa tabung gas LPG ke luar ruangan.
6. Buatlah sirkulasi udara di ruang dapur, misal memasang exhaust-fan, kipas angin yang diarahkan keluar. Intinyaa jangan sampai gas LPG terakumulasi dalam ruang dapur. Ingat, exhaust-fan, kipas angin dinyalakan sebelum menggunakan gas LPG.

Semoga tips ini bermanfaat. 

sumber : http://graha-paradise.blogspot.com/2011/01/tips-mencegah-ledakan-gas-lpg.html