Arsip Artikel

Quadro Segera Luncurkan Skutik 4 Roda

Motor dengan dua roda adalah hal yang lumrah. Begitu juga dengan motor roda tiga, itu adalah hal yang biasa. Tapi bila sebuah motor memiliki roda empat layaknya sebuah ATV, itu baru luar biasa.

Adalah produsen motor Italia, Quadro yang mencoba memproduksi motor skutik dengan sokongan empat roda dengan harga 9.000 Euro atau sekitar Rp 110,4 jutaan.

Motor ini didesain oleh Luciano Marabese yang telah sukses mendesain motor unik seperti motor tiga roda Piaggio MP3 atau motor konsep empat roda Yamaha Tesseract.

Seperti detikOto kutip dari Gizmag, Selasa (16/11/2010), Quadro juga berencana akan mengeluarkan Quadro tiga roda bermesin 350 cc pada tahun 2011 mendatang. Tidak berselang lama, Quadro empat roda bermesin 500 cc pun juga akan dikeluarkan dengan dukungan teknologi hibrid dan keamanan serta kestabilan tingkat tinggi.

Dalam proyek merancang Quadro ini sang desainer diberi kebebasan penuh merancang motor. Hal ini tentu sesuatu yang baru, karena biasanya seorang desainer banyak disetir oleh kemauan perusahaan yang menyewanya.

"Ekspresi tertinggi untuk desainer tentunya bila produk memiliki dampak yang kuat di pasar," ujar pria yang sudah merancang motor-motor Vespa, Piaggio, Moto Guzzi, Aprilia, Gilera, Triumph dan Yamaha ini.

Rancangan-rancangan hasil karya Marabese terutama Piaggio MP3 pun membuktikan hal tersebut dan sukses dipasaran Eropa. Dan Quadro buatan Marabese ini pun bisa menikung dengan kemiringan 40 persen lebih miring dibanding Piaggio MP3.

Motor Quadro tiga roda kabarnya akan memiliki kemampuan sebesar 20 kW dengan berat kurang dari 200 kg. Motor ini memiliki sistem suspensi hidrolik di kedua kaki depan yang membuatnya jadi lebih ceper hingga 40 persen dibanding Piaggio MP3.

Sementara Quadro empat roda yang akan keluar diakhir 2011 akan mampu berlari hingga 150 km perjam dan bertenaga hingga 40 hp dari mesin single silinder berkapasitas 500 cc. Motor ini dipercaya memiliki bobot tidak lebih dari 240 kg.

sumber : http://oto.detik.com/read/2010/11/16/153720/1495707/648/skutik-4-roda-dari-italia