Arsip Artikel

Sisi Gelap 15 Perusahaan Dunia

Perusahaan besar dengan dana yang besar mampu melakukan apa saja, bisa jadi membawa kebaikan namun bisa juga malah membawa kerusakan. Sekarang mari kita lihat sisi gelap dari perusahaan-perusahaan ini:

CEVRON

 


















 

Beberapa perusahaan minyak besar layak masuk daftar ini, tetapi Chevron paling layak mendapat tempat khusus. Antara tahun 1972 sampai 1993, Chevron (kemudian Texaco)menumpahkan 18 miliar galon air beracun ke hutan hujan Ekuador tanpa perbaikanapapun, menghancurkan mata pencaharian petani lokal dan membuat sakit pendudukasli. Chevron juga telah melakukan banyak polusi di sini di Amerika Serikat: Pada tahun 1998, Richmond, California menggugat Chevron atas kelalaian dalam prosedur pengolahan air limbah dan mencemari pasokan air lokal, begitu pula di New Hampshirepada tahun 2003. Chevron bertanggung jawab atas kematian beberapa orang Nigeriayang memprotes perusahaan itu atas polusi dan eksploitasi di Delta Nigeria. Chevronmembayar milisi lokal, yang dikenal atas pelanggaran-pelanggaran hak asasi manusia,meredam protes, dan bahkan memasok mereka dengan helikopter dan perahu. Militer menembaki warga dan membakar desa mereka sampai habis.

 

DeBeers

 
















DeBeers
secara tidak langsung mendanai gerakan gerilya kekerasan di Angola, SierraNevada, dan Kongo dengan membeli "berlian berdarah". Di Botswana, DeBeers telahdisalahkan untuk "membersihkan" lahan yang akan ditambang berlian - termasukpemindahan paksa masyarakat adat yang telah tinggal di sana selama ribuan tahun.Pemerintah diduga ikut memotong pasokan air suku itu, beserta ancaman, penyiksaandan bahkan hukuman gantung bagi yang melawan.



Tyson


Apa kesalahan Tyson? Tyson telah membiarkan daging sapi tercemar bakteri e colliuntuk memasukkan dalam pasokan makanan. Sebuah penelitian baru menunjukkanbahwa ayam Tyson adalah unggas yang paling banyak salmonella-and-campylobactor darisemua pemasok utama. Seakan itu tidak cukup kotor, Tyson telah digugat berulang kaliatas membuang limbah ilegal yang tidak diolah ke suplai air Tulsa's, setelah merekadigugat pertama kalinya, mereka hanya membayar denda dan terus bekerja seperti semula. Tyson telah membuat orang sakit dengan amonia dari peternakan pabrikmereka. Tyson juga terkenal karena sengaja mempekerjakan imigran gelap dan bahkan telah dituduh terlibat perdagangan manusia untuk memasok perusahaan dengan tenaga kerja murah.

Smith and Wesson

















Sebagai
produsen terbesar pistol (dan sub senapan mesin) di Amerika Serikat, Smithdan Wesson secara tidak langsung bertanggung jawab atas kematian tak terhitung karena penembakan - tidak hanya oleh lembaga kepolisian dan pemerintah , namunoleh penjahat dan oleh "kecelakaan . "Dalam sebuah studi tentang sepuluh senjatayang terlibat dalam kejahatan di Amerika Serikat, yang pertama adalah Smith & Wesson.38 Special. Urutan 6 dan 7 juga Smith dan Wessons. Secara statistik, penelitian telah menunjukkan bahwa senjata yang digunakan lebih sering pada kejahatan daripadamembela diri. Tentu saja, "Bukan senjata yang membunuh orang namun orang yang membunuh orang" Dan sering, mereka menggunakan senjata Smith dan Wesson untuk melakukannya.


Phillip Morris





















Phillip Morris adalah produsen rokok terbesar di AS. Rokok diketahui menyebabkankanker pada perokok, serta cacat lahir pada anak-anak yang belum lahir jika sang ibumerokok saat hamil. Asap rokok mengandung 43 bahan karsinogen yang dikenal danlebih dari 4.000 bahan kimia, termasuk karbon monoksida, formaldehida, hidrogensianida, nikotin, amonia dan arsen. Nikotin, zat kimia psikoaktif utama dalam tembakau,telah terbukti secara psikologis adiktif. Merokok meningkatkan tekanan darah,mempengaruhi sistem saraf pusat, dan menyempitkan pembuluh darah. Puntung rokokadalah polutan utama sebagai perokok rutin melemparkan filter mereka ke tanah.Banyak dari filter ini jatuh ke air segar dan air tawar, di mana bahan kimia merekamenyerap dalam air.

Haliburton




















Setiap
perusahaan yang memiliki Dick Cheney sebagai CEO telah menjadi jahat.Haliburton, perusahaan ladang minyak besar, mendapat keuntungan besar waktu invasiAS ke Irak saat Cheney memanggil anak buahnya untuk memadamkan sumur minyak yangterbakar - dan untuk "membantu" kementerian minyak Irak memompa dan mendistribusikan minyak. Haliburton juga telah terlibat dalam tumpahan minyak yang tak terhitung jumlahnya, termasuk bencana BP tahun 2010.


Coca Cola



































Coca
Cola membuat kehancuran di India, di mana pabrik-pabrik Coca Cola menggunakan hingga satu juta liter air per hari, meninggalkan puluhan ribu warga setempatkekeringan selama bulan-bulan musim kemarau. Kemudian pabrik membuang limbahtidak benar, mencemari apa pun air yang tersisa. Sebuah gugatan pada tahun 2001menuduh Coca Cola mempekerjakan paramiliter di Columbia untuk menekan serikat pekerja di pabrik Cola sana melalui intimidasi, penyiksaan dan pembunuhan.


Pfizer














Pfizer, perusahaan farmasi terbesar di AS, mengaku bersalah pada tahun 2009 denganpenipuan perawatan kesehatan terbesar dalam sejarah Amerika Serikat, menerimahukuman pidana ilegal terbesar yang pernah untuk pemasaran empat obat nya. Iniadalah kasus keempat seperti Pfizer. Seolah-olah menggunakan Pfizer besar hewan percobaan tidak cukup memilukan hati, Pfizer memutuskan untuk menggunakan anak-anak Nigeria sebagai kelinci percobaan. Pada tahun 1996, Pfizer pergi ke Kano, Nigeriauntuk mencoba sebuah eksperimen meningitis antibiotika pada penyakit ketiga dunia seperti campak, kolera, dan bakteri. Mereka memberi trovafloxacin untuk sekitar 200anak-anak. Puluhan dari mereka meninggal dalam percobaan, sementara yang lainbanyak dikembangkan cacat mental dan fisik. Menurut EPA, Pfizer juga bisa dengan bangga mengklaim sebagai di antara sepuluh perusahaan teratas di Amerikamenyebabkan polusi udara yang paling.

ExxonMobil





















ExxonMobil mungkin paling dikenal karena tumpahan minyak Exxon Valdez 1989 yangmengakibatkan 11 juta galon minyak mencemari Prince William Sound. Tapi mereka jugatelah bertanggung jawab atas tumpahan minyak besar di Brooklyn dan membantumenurunkan populasi paus abu-abu Rusia yang terancam punah karena pengeboran di habitat aslinya. The Political Economy Research Institute memberi ExxonMobilperingkat keenam di antara perusahaan yang menghasilkan polusi udara di AmerikaSerikat. Penyangkalan ExxonMobil tidak dengan membersihkan kekacauannya, tetapimalah mendanai penelitian ilmiah yang menyangkal pemanasan global.

Caterpillar Company





















Caterpillar menjual semua jenis traktor, truk dan mesin - termasuk banyak kendaraan,kapal dan kapal selam yang digunakan oleh militer AS. Caterpillar juga memasok tentaraIsrael dengan buldoser yang digunakan untuk menghancurkan rumah-rumah Palestina -kadang-kadang dengan orang-orang masih berada di dalam. Pada tahun 2003 sebuahbuldoser Caterpillar melindas dan membunuh Rachel Corrie, seorang Amerika yang melakukan protes di Gaza dengan cara berdiri di depan traktor untuk mencegahpenghancuran rumah Palestina.

Ringling Brothers and Barnum and Bailey Circus























"Acara
paling kejam di Bumi" terkenal dengan penyalahgunaan atas binatang liar. Pada bulan Juli 2004, Clyde, seekor singa muda yang bepergian dengan Ringling, meninggaldalam gerbong karena buruknya ventilasi sementara sirkus melintasi Gurun Mojave padasuhu melebihi 100 derajat Fahrenheit. Gajah circus secara rutin dikurung selama berhari-hari pada suatu waktu dan dipukuli dengan bullhooks dan listrik prods, dan ketika mereka sudah cukup disiksa, mereka balas menyerang. Dalam satu kasus yang terkenal pada tahun 1994, seekor gajah bernama Tyke menewaskan pelatih-nya danmelukai 12 penonton sebelum ditembak mati di jalan-jalan Honolulu. Ringling Brothersdan Barnum dan Baily Circus juga memiliki rekor membunuh penontonnya sendiri akibat kebakaran besar di tenda-nya tahun 1944 yang menewaskan seratus penonton -belakangan diketahui kanvas tenda memakai bahan tidak tahan api.


Monsanto




















Daftar
kejahatan Monsanto termasuk menciptakan "benih terminator" yangmenciptakan tanaman yang tidak pernah berbuah atau berbunga sehingga petani harus membeli bibit baru secara tahunan, melobi untukmenghapus label "Bebas Hormon" darilabel susu bayi dan pengganti susu (bovine hormon pertumbuhan diyakini menjadiakselerator kanker) serta berbagai pelanggaran lingkungan dan kesehatan manusia yang terkait dengan penggunaan racun Monsanto - yang paling terutama "Agen Oranye."Antara 1965 dan 1972, Monsanto telah membuang ribuan ton limbah beracun di Inggris.Menurut Badan Lingkungan Hidup bahan kimia tetap mencemari air tanah dan udarawalaupun setelah 30 tahun setelah mereka dibuang.
Negara bagian Alabama juga menggugat Monsanto karena selama 40 tahun membuang merkuri dan PCB ke dalamanak sungai setempat.

Nestle




















Nestle
terlibat deforestasi besar-besaran di Borneo - habitat orangutan terancam punah - untuk tumbuhan kelapa sawit, dan membeli susu dari peternakan ilegal. Nestlejuga membuat sengketa dengan ahli lingkungan untuk klaim konyol nya bahwa air botoladalah "eco-friendly" ketika sebaliknya adalah benar. Nestle mendesak ibu di negara-negara dunia ketiga untuk menggunakan susu bayi mereka, sebagai pengganti ASI, tanpamemperingatkan mereka dari pengaruh negatif yang mungkin timbul.


British Petroleum




















Siapa yang bisa melupakan ledakan anjungan minyak tahun 2010 di Pantai Teluk yangmenewaskan 11 pekerja dan ribuan burung, penyu laut, lumba-lumba dan hewanlainnya, dan secara efektif menghancurkan perikanan dan industri pariwisata di wilayah ini? Ini bukan kejahatan pertama BP terhadap alam. Bahkan, antara Januari 1997 danMaret 1998, BP bertanggung jawab atas 104 tumpahan minyak. Tiga belas pekerja rigtewas tahun 1965 selama satu ledakan, 15 dalam ledakan 2005. Juga pada tahun 2005,sebuah feri yang membawa pekerja minyak BP jatuh, menewaskan 16 orang. Pada tahun 1991, EPA mengutip BP sebagai perusahaan yang paling polusi di Amerika Serikat. Pada tahun 1999, BP dituduh membuang limbah beracun di Alaska, kemudian pada 2010 ataskebocoran bahan berbahaya beracun ke udara di Texas. Pada bulan Juli 2006, petaniKolombia memenangkan penyelesaian dari BP setelah mereka menuduh perusahaanmemanfaatkan pemerintah paramiliter Kolombia melindungi pipa Ocensa.

Dyncorp


















Perusahaan militer privat sering disewa oleh pemerintah AS untuk melindungikepentingan Amerika di luar negeri - sehingga pemerintah bisa mengklaim tidak bertanggung jawab atas tindakan DynCorp's. DynCorp terkenal karena kebrutalannya dinegara-negara miskin, untuk perdagangan budak seks anak, untuk membantai warga sipil di Irak dan Afghanistan, dan untuk pelatihan pemberontak di Haiti. Di antarabeberapa persaingan yang ketat, DynCorp mungkin perusahaan bayaran paling mematikan dan paling jahat di Amerika Serikat.


sumber : http://anekainfounik.blogspot.com/2011/03/sisi-gelap-15-perusahaan-amerika.html