Arsip Artikel

Diet Sehat untuk Mulut dan Gigi

http://7wolu.blogspot.com

Diet tidak hanya berlaku untuk menjaga kualitas asupan makanan dan membentuk tubuh menjadi indah. Ada diet yang dilakukan untuk menjaga kesehatan mulut dan gigi.

Bila mendengar kata diet, yang terlintas di pikiran Anda bisa jadi adalah sederet peraturan mengenai makan yang dikonsumsi untuk menjaga berat badan dan bentuk tubuh yang ideal. Diet bisa juga dilakukan bagi mereka yang ingin mengubah pola makan menjadi sehat dan sesuai dengan asupan kalori yang dibutuhkan setiap harinya.

Bagaimana dengan kesehatan mulut dan gigi? Ternyata Anda bisa melakukan diet untuk menjaga area tubuh Anda yang selalu berhubungan dengan semua makanan yang Anda nikmati setiap harinya.

Selain dari perawatan seperti menyikat gigi, memakai benang gigi atau berkumur dengan mouthwash, tidak dapat dipungkiri bahwa kualitas kesehatan mulut dan gigi terpengaruh dari apa yang Anda konsumsi. Demikian pula sebaliknya, apa yang Anda konsumsi akan bermasalah jika mulut dan gigi Anda tidak sehat.

Untuk menjaga hubungan yang harmonis antara kesehatan gigi dan mulut serta makanan yang Anda konsumsi, sebaiknya Anda mulai melakukan diet gigi dan mulut.

It's a Yes


Konsumsi makanan yang kaya akan kalsium untuk menjaga gigi dari kerapuhan dan keropos. Meskipun pasta gigi Anda dipercaya mengandung bahan yang dapat menguatkan gigi, memberi nutrisi dari dalam tubuh akan lebih baik. Karena itulah Anda memerlukan asupan susu berkalsium. Jika tidak suka susu, Anda bisa menggantinya dengan produk olahan susu seperti keju rendah garam ataupun plain yogurt.

Buah-buahan segar dan sayur juga makanan yang sehat untuk menjaga kesegaran mulut dan gigi. Pilihan buah seperti apel, pir, melon dan bengkoang adalah contoh buah kaya air dan rendah gula yang baik untuk mencegah produksi asam berlebih pada mulut.

A big NO

Makanan manis yang lengket adalah musuh terbesar gigi, Anda juga pasti sudah tahu itu. Ngemil permen di saat bosan atau di saat bekerja memang menyenangkan, tetapi hal ini akan memicu gigi untuk berteriak marah kepada Anda karena membiarkan gigi dalam kondisi dibalut gula lengket yang akan memicu mulut memproduksi asam yang bisa mengikis lapisan pelindung alami gigi.

Untuk mengganti permen kesukaan Anda yang mengandung banyak gula, gantilah dengan permen karet yang mengandung pemanis buatan, misalnya xylitol atau sacharin. Mengunyah permen karet tanpa gula selain baik untuk meredakan stres, juga baik untuk menjaga kesehatan gigi dan kesegaran mulut Anda. Selain itu, bila Anda sedang diet dan mengurangi konsumsi gula, pilihan permen karet sangat dianjurkan. Hanya saja, tetap batasi konsumsi permen karet, yang berlebihan tidak pernah baik bukan?

sumber : woman.kapanlagi.com

download wallpaper gratis sexy hot

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...