Arsip Artikel

AIDS Menular karena 'Jajanan' Thailand

AIDS Menular karena Jajanan Thailand
Jajan Thailand

Kebiasaan "jajan" suami-suami hidung belang Malaysia berdampak serius pada kesehatan istri mereka. Minggu lalu (5/12), bertepatan dengan peringatan Hari AIDS Sedunia, Dewan AIDS Malaysia menyatakan bahwa hampir semua perempuan pengidap HIV tertular virus mematikan itu dari suami mereka.

"Sebagian besar perempuan pengidap HIV di Malaysia terjangkit virus dari suami yang gemar berhubungan badan dengan pelacur," papar Mohamed Zaman Khan, pimpinan Dewan AIDS Malaysia, dalam wawancara dengan Bernama.

Letak geografis Malaysia yang berbatasan langsung dengan Thailand, lanjut dia, menjadi salah satu faktor pemicu. Konon, di Negeri Gajah Putih itulah biasanya lelaki-lelaki Malaysia, khususnya kaum adam yang tercatat sebagai penduduk wilayah utara Negara Bagian Kelantan, berkencan dengan pelacur. Sebab, warga Kelantan sebelah utara bisa dengan mudah memasuki Thailand lewat jalur darat.

Sejauh ini, pengidap AIDS terbanyak Malaysia adalah perempuan yang berasal dari wilayah konservatif, basis partai Islam PAS, itu. "Suami-suami di Kelantan biasanya pergi ke Sungai Golok untuk berkencan dengan pelacur. Saat kembali ke rumah, mereka berhubungan dengan istri masing-masing dan menularkan penyakit berbahaya tersebut," lanjut Khan seperti dilansir Agence France-Presse kemarin (6/12).

Sungai Golok merupakan tempat favorit untuk berkencan dengan pelacur di perbatasan Thailand-Malaysia.

Terpisah, Wakil Dirjen Departemen Kesehatan Hasan Abdul Rahman mengatakan bahwa tingkat penularan infeksi HIV di Kelantan merupakan yang tertinggi di Malaysia. "Penularan di sana empat kali lipat lebih tinggi daripada rata-rata nasional," ujarnya. Dari total 1,6 juta penduduk Kelantan, sekitar 1.211 perempuan di antaranya terinfeksi HIV.

sumber : http://www.jpnn.com/read/2010/12/07/78978/AIDS-Menular-karena-