Arsip Artikel

Video Kerusuhan Italia vs Serbia (Kualifikasi Euro 2012)

Kerusuhan yang dilakukan hooligans Serbia saat bertandang ke markas Italia membuat wasit terpaksa menghentikan laga. Gli Azzurri berpeluang dianggap menang walk-out (WO) dengan skor 3-0.

Laga memang sempat tertunda akibat hooligans Serbia berbuat kerusuhan di luar Stadion Luigi Ferraris. Beberapa di antara emreka sempat melempari bus yang ditumpangi skuad Serbia dengan bom asap. Insiden itu sempat membuat kiper utama Serbia, Vladimir Stojkovic terluka.

Aksi anarkis juga berlanjut di dalam stadion. Beberapa suporter dengan mengenakan topeng memanjat dinding kaca pembatas di dalam stadion. Mereka melempar petasan ke arah suporter lawan dan polisi yang berjaga di lapangan. Aksi pun berlanjut dengan membakar bendera, dan memecahkan dinding kaca pembatas stadion.

Butuh waktu sekitar 20 menit hingga akhirnya seluruh skuad Italia dan Serbia, serta seluruh ofisial termasuk wasit akhirnya kembali ke lorong menujur ruang ganti.

Setelah berdiskusi selama beberapa menit, UEFA memutuskan laga Italia versus Serbia harus tetap dilangsungkan, meski kondisinya tidak kondusif.
Laga pun tetap dilanjutkan. Namun atmosfer pertandingan sudah terlanjur panas akibat ulah suporter. Bahkan hal itu mempengaruhi penampilan Serbia di lapangan. Laga baru berjalan, Slobodan Rajkovic langsung diganjar kartu kuning akibat tekel kerasnya terhadap Andrea Pirlo.

Bukan cuma itu, Rajkovic hampir saja diusir keluar lapangan saat Giampaolo Pazzini merasa disikut di dalam areal penalti, Namun wasit Craig Thompson asal Skotlandia tidak menggubrisnya.

Leonardo Bonucci sempat memperoleh gol, yang sayangnya dianulir karena sudah berada dalam posisi offside saat menerima umpan dari Giorgio Chiellini.

Laga berjalan enam menit, kerusuhan kembali meledak. Hooligans Serbia kembali melempar petasan ke dalam lapangan, yang bahkan hampir mengenai kiper Gli Azzurri, Emiliano Viviano.

Setelah berdisku si selama beberapa menit,w asit akhirnya memutuskan menghentikan pertandingan karena kondisi dianggap tidak memungkinkan lagi.
Berdasarkan peraturan, Italia sebenarnya bsia saja dianggap menang WO dengan mengantungi skor 3-0. Namun hingga kini belum ada pernyataan resmi dari UEFA.

Berikut video kerusuhan yang terjadi pada pertandingan Italia vs Serbia:



sumber : http://bolagoalnet.blogspot.com/2010/10/video-kerusuhan-pada-pertandingan.html