Arsip Artikel

Tips Saat Memakai Toilet Umum

Saat berada di kantor, mal atau tempat lain, toilet umum merupakan fasilitas yang selalu dicari. Apalagi saat hujan seperti ini, penggunaan toilet umum adalah sebuah keniscayaan. Pada dasarnya, sebersih apapun toilet, tetap saja banyak kuman di dalamnya. Terlebih toilet umum yang digunakan oleh banyak orang.

Tentu Anda harus tetap berhati-hati menggunakannya. Lantas, apa yang bisa dilakukan untuk melindungi diri dari paparan bakteri tersebut? Dikutip dari Women's Weekly, berikut tips sehat menggunakan toilet umum.

1. Hindari kenop pintu

Cobalah untuk membuka atau menutup pintu dengan memegang permukaan lain dari pintu, selain kenop pintu. Sebab, semua orang yang mengunjungi toilet umum pasti memegang kenop pintu yang sama dan tentu membawa berbagai jenis bakteri.

2. Jangan letakkan barang apapun di lantai

Ke mana pun pergi, sebaiknya jangan pernah meletakkan tas atau barang apapun di lantai. Apalagi ketika berada di toilet umum. Lantai toilet merupakan sarang kuman. Walau lantai tersebut dalam keadaan kering, tetap saja terkontaminasi kuman.

3. Hindari penggunaan toilet tengah

Peneliti menunjukkan bahwa sebaiknya Anda menghindari toilet yang berada di tengah-tengah. Karena orang-orang pun akan berpikir sama dengan Anda, sehingga mereka akan memilih toilet yang berada di tengah-tengah juga, atau dari segi psikologis hal ini disebut dengan 'centrality preferrence'.

4. Bersihkan dudukan toilet sebelum digunakan

Sebagian besar orang takut menggunakan toilet duduk yang ada di tempat umum lantaran dianggap bisa menularkan penyakit menular seksual atau PMS. Padahal tidak demikian. Meski kemungkinannya rendah, tapi bisa saja terjadi bila Anda tidak membersihkan dudukan atas toilet terlebih dahulu.

Sebab bagaimana pun, toilet umum memiliki potensial lebih tinggi mengandung kuman gastrointestinal seperti E.coli yang diketahui bisa menyebabkan diare serta gangguan perut. Kuman lainnya yang harus Anda perhatikan adalah virus norovirus.

Sama seperti E.coli, norovirus menginfeksi perut dan bisa menempel di kursi toilet selama dua minggu. Dengan demikian, para ahli menyarankan membawa sanitizer atau tisu basah saat Anda hendak menggunakan toilet umum.

5. Tutup kloset saat menyiram

Tutup kloset sebelum menekan flush supaya kuman tidak menyebar ke udara dan mengenai Anda. Jika tidak ada penutup, jauhi kloset saat melakukan flush atau menyiram air.

6. Selalu cuci tangan

Selesai menggunakan toilet, jangan lupa mencuci tangan dengan menggunakan sabun. Keringkan tangan dengan menggunakan tisu setelah mencuci tangan dan hindari menggunakan pengering otomatis. Pasalnya menggunakan pengering tangan berisiko perpindahan kuman melalui udara.